Program Kursus Bahasa Mandarin


Program pelatihan Bahasa Mandarin ini membekali para pesertanya mengenai bagaimana berbicara dalam bahasa Mandarin dengan intonasi yang tepat, mengenali huruf Kanji dan cara menulis dengan urutan yang benar yang diterima secara internasional. Sistem pembelajaran menggunakan sistem Hanyu Pinyin yaitu sistem metode membaca yang berstandar internasional.

Program Bahasa Mandarin terdiri dari dua program, yaitu :

  1. Intensive Mandarin Program (IMP)

Program IMP terdiri dari lima tingkatan (level) program terpadu yang diselenggarakan selama empat bulan atau 40 kali pertemuan setiap levelnya dengan frekuensi pertemuan empat hari per minggu. Program ini adalah program unggulan dimana para peserta pelatihan akan diajarkan semua komponen ketrampilan penguasaan bahasa yaitu  : reading-listening-writing-structure. Rincian untuk biaya kursus program IMP sebagai berikut

  1. IMP Level 1, 2 : Rp1.000.000,- per level
  2. IMP Level 3,4 : Rp1.100.000,- per level
  3. IMP Level 5,6 : Rp1.100.000,- per level
  4. IMP Level 7,8 : Rp1.200.000,- per level
  1. Short Cut to Mandarin (Scu-Man)

Sesuai namanya, program Scuman adalah program jangka pendek yang terdiri dari lima level dimana penyelenggaraannya dilakukan tiga kali seminggu @ 100 menit. Jumlah pertemuan untuk masing-masing level adalah 30 kali pertemuan. Program Scuman selain berorientasi pada penguasaan kemampuan wicara (conversation) juga pada kemampuan membaca Hanzi (aksara Mandarin). Dengan target baru tersebut, peserta yang telah lulus pada level empat diprediksikan sudah dapat mengikuti program HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi) dengan target lulus pada tingkat dasar (level 1 – 3). Rincian biaya untuk kursus program Scuman sebagai berikut.

  1. Scuman level 1,2 : Rp625.000,- per level
  2. Scuman level 3,4 : Rp625.000,- per level
  3. Scuman level 5 MSP : Rp625.000,- per level

Selain dua program utama : IMP dan Scuman, program Mandarin juga menyelenggarakan HSK Preparation dan Mandarin for Specific Purposes (MSP).

HSK adalah tes proficiency untuk menentukan tingkat kemampuan seseorang dalam berbahasa Mandarin. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pengenalan, pelatihan, dan cara-cara pengerjaan yang efektif tes HSK. Pada sesi terakhir, peserta diberikan simulasi tes HSK.

Sedangkan Mandarin for Specific Purposes (MSP) adalah program khusus yang dikembangkan untuk memberikan ketrampilan khusus bagi peserta yang telah lulus pada peringkat/level tertentu. Program MSP adalah : Chinese for Tourism, Chinese for Business, dan ketrampilan Seni Kaligrafi.

*) biaya kursus sudah termasuk pendaftaran, materi, dan sertifikat. Belum termasuk placement test.

Bila Anda berminat mengikuti kursus di KPBB UAJY, silakan mengisi formulir peminat kursus melalui tautan berikut:

Klik Link Ini!