Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)


Selain keempat program bahasa asing, mulai bulan September 2008, KPBB UAJY bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional menyelenggarakan program BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA).

Program ini bertujuan untuk membantu mahasiswa asing yang belajar di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) maupun di Perguruan Tinggi Yogyakarta lainnya. Keistimewaan program ini adalah mahasiswa diajak untuk mengenal Bahasa dan Budaya Indonesia dengan langsung terjun melakukan aktivitas di masyarakat sekitar kampus maupun dengan melakukan kunjungan ke tempat-tempat tertentu, seperti : museum, sanggar tari dan gamelan, desa wisata, dll.

Pada program ini ada dua tingkat yaitu tingkat dasar dan tingkat lanjut. Program BIPA sendiri dibedakan pembelajarannya sesuai dengan tujuan peserta datang ke Indonesia. Di setiap level tersebut diberikan tambahan pembelajaran membatik, tarian tradisional, kunjungan ke situs budaya, desa wisata, dan lain-lain. Di bagian akhir pembelajaran, para mahasiswa mementaskan sebuah drama tentang cerita rakyat Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia ataupun memberikan talkshow tentang Indonesia.

Sampai saat ini program BIPA diikuti oleh:

  1. Peserta Program Beasiswa Darmasiswa
  2. Peserta Kemitraan Negara Berkembang (KNB)
  3. Mahasiswa Rotterdam Business School dari Belanda
  4. Pengajar native speaker dari Princeton-in-Asia

Orang asing umum