Festival Seni dan Budaya


Festival Seni dan Budaya

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) sebagai salah satu Universitas multikultur yang berada dalam wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta harus mampu menyeimbangkan kegiatan edukasi dengan seni dan budaya yang masih dipegang teguh masyarakat setempat. Sebagai instansi pendidikan, maka civitas akademika UAJY juga harus dikendalikan dengan kegiatan-kegiatan seni dan budaya sejak awal. Oleh karena bahasa merupakan salah satu bentuk seni dan budaya yang menjadi sebuah kebutuhan maka Knator Pelatihan Bahasa dan Budaya (KPBB) sebagi salah satu unit pendukung Universitas Atma Jaya Yogyakarta dibentuk untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

KPBB yang didirikan pada tanggal 1 Juli 1990 pada awal bernama Lembaga Bahasa. Sekitar tahun 1995 nama Lembaga Bahasa diubah menjadi Pusat Bahasa , yang kemudian pada bulan November 2009 Pusat Bahasa diubah menjadi Kantor Pelatihan Bahasa dan Budaya (KPBB).

Untuk melaksanakan visi KPBB dalam memberikan pelatihan bahasa asing kepada masyarakat dalam menciptakan intelektual dan pemimpin yang mampu menjadikan bahasa asing sebagai bagian dari panca indra dalam menciptakan intelektual dan pemimpin yang mampu menjadikan bahasa asing sebagai bagian dari panca indra dalam menjalankan perannya di dunia persaingan bebas sebagai manusia global yang utuh dan mandiri maka KPBB menyelengarakan lima program bahasa yaitu Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Jepang.

Dalam rangka merayakan berdirinya KPBB ke 20 tahun maka KPBB bermaksud mengadakan Festival Seni dan Budaya pada tanggal 24 Juli 20101. Dalam festival kali ini akan diadakan beberapa perlombaan berkaitan dengan budaya, pertunjukan seni dan budaya, dan bazaar. Melalui program bahasa yang diadakan di KPBB UAJY dan juga dapat mengenal lebih jauh beberapa budaya di Indonesia dan di manca negara.

Berikut ini gambar-gambar penyelengaraan acara tersebut: