Rayakan Dies Natalis UAJY Ke-59, KPBB Adakan Workshop dan Lomba Aksara


Foto Bersama Peserta dengan Juri dan Staff

YOGYAKARTA – Dalam rangka merayakan Dies Natalis Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang ke-59, Kantor Pelatihan Bahasa dan Budaya Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KPBB UAJY) menyelenggarakan Workshop dan Lomba Aksara pada Kamis, 19 September 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Beijing, Gedung Santo Alfonsus, Kampus I UAJY, Jl. Mrican Baru No. 28 Yogyakarta. Adapun kategori aksara yang dilombakan dalam kegiatan tersebut meliputi aksara Jepang, Jawa, dan Mandarin. Acara tersebut diikuti oleh 53 peserta yang berasal dari kalangan pelajar SMA/SMK dan umum, termasuk mahasiswa UAJY sendiri.

Kepala KPBB UAJY, Ibu R.A. Vita N.P. Astuti, S.Pd, M.Hum, Ph.D, memberikan sambutan pembukaan dalam rangkaian acara tersebut.

“Semoga semua berusaha yang terbaik dan semoga kalian bisa menunjukkan kreativitas masing-masing. Terima kasih,” ucapnya.

Pada sesi pertama, kegiatan dimulai dengan Workshop Aksara yang menghadirkan tiga pengajar, yaitu Bani Gartantyo, S.Pd. sebagai pengajar aksara Jepang; Y. Siyamta, S.I.P. sebagai pengajar aksara Jawa; dan Novita Dewi, S.Psi., M.Pd. sebagai pengajar aksara Mandarin. Melalui sesi tersebut, peserta diajak untuk mengenal masing-masing aksara dan belajar menulisnya menggunakan kertas dan bolpoin yang telah disediakan panitia. Sesi workshop tersebut berlangsung selama satu jam, dengan alokasi waktu 20 menit untuk setiap kategori aksara.

Salah satu peserta, Tesa dari SMA Santa Maria, mengungkapkan kesannya tentang workshop tersebut. “Workshop-nya menarik banget, ada kertas-kertas yang disediakan. Nyenengin banget sih,” ungkapnya.

Sesi tersebut kemudian dilanjutkan dengan Lomba Aksara yang diikuti oleh 29 peserta. Dalam kegiatan tersebut, Bani Gartantyo, S.Pd., Y. Siyamta, S.I.P., dan Novita Dewi, S.Psi., M.Pd., bertindak sebagai juri. Setiap peserta telah mendapatkan kuas, tinta, dan kertas yang disiapkan oleh panitia. Dalam menulis aksara, peserta diberi kebebasan untuk berkreasi dalam menghias kaligrafi mereka. Waktu yang disediakan untuk lomba adalah satu jam, sehingga peserta harus memanfaatkannya dengan baik untuk menghasilkan karya kaligrafi yang maksimal.

Meskipun proses penilaian cukup sulit, juri akhirnya mengumumkan tiga pemenang dari setiap kategori Lomba Aksara. Untuk kategori aksara Jepang, Juara 1 diraih oleh Cantik Djatoek Fadillah dari SMAN 2 Yogyakarta, Juara 2 oleh Miryam Rachel, mahasiswa UAJY, dan Juara 3 oleh Pistaverlie Putri Purnomo dari SMA BOPKRI 1 Yogyakarta.

Untuk kategori aksara Jawa, Juara 1 diraih oleh Sindy Rahmanda dari SMK Negeri 4 Yogyakarta, Juara 2 oleh Dina Luviana Sari dari SMAN 11 Yogyakarta, dan Juara 3 oleh Monika Astherina Puspitasari, mahasiswa UAJY.

Terakhir, untuk kategori aksara Mandarin, Juara 1 diraih oleh Yemima Natania Lukito dari SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, Juara 2 oleh Jessica Dewi Marciano, mahasiswa UAJY, dan Juara 3 oleh Teresa Puteri Rahadyan dari SMA Santa Maria Yogyakarta.

Setelah pengumuman pemenang, juri secara simbolis menyerahkan hadiah kepada para peserta yang menang. Acara ditutup dengan pembagian doorprize dan sesi foto bersama.